Kemitraan dengan Wikimedia Indonesia: Tantangan Hak Digital

EngageMedia memanggil penulis, aktivis, dan pegiat media sosial untuk berpartisipasi dalam kompetisi menulis di Wikipedia Bahasa Indonesia dengan tema “Tantangan Hak Digital”. Tantangan ini adalah bagian kolaborasi EngageMedia bersama Wikimedia Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan hak digital di Indonesia, menyoroti berbagai kasus pelanggaran hak digital; serta secara luas meningkatkan jaminan dan perlindungan hak digital dan literasi digital di Indonesia.

Tingginya perkembangan teknologi digital harus dibarengi dengan peningkatan pengetahun seputar penggunaan teknologi digital. Berkaitan dengan aktivitas daring sehari-hari, penting untuk menyebarluaskan informasi mengenai hak digital. Sejauh ini, kami menemukan informasi seputar hak digital masih dalam Bahasa Inggris dan tidak dapat diakses secara luas. Padahal penetrasi internet di Indonesia sangatlah tinggi, 73,7% dari total penduduk Indonesia sudah aktif menggunakan internet per April 2021 lalu. Maka kami rasa penting untuk ikut berkontinbrusi dalam meningkatkan konten terkait teknologi hak digital yang mudah dicerna, dapat diakses secara luas, dan tanpa biaya.. Misalnya, cara melindungi unggahan data pribadi, hak-hak apa saja yang melekat ketika menggunakan internet, maupun kewajiban hukum yang dapat timbul ketika mengunduh file tertentu.

Sebagai upaya meningkatkan wawasan seputar hak digital, EngageMedia dan Wikimedia Indonesia berkolaborasi untuk meningkatkan konten mengenai hak digital dalam Bahasa Indonesia. Sebelumnya, kami mengadakan pelatihan penyuntingan dalam Bahasa Indonesia. Pelatihan tersebut diikuti oleh 20 orang dari jaringan dan mitra terkait. Selain itu, kami juga mengadakan kompetisi penulisan konten di Wikipedia Bahasa Indonesia terkait dengan hak-hak digital juga kasus-kasus pelanggaran hak digital di Indonesia yang kami sebut sebagai Tantangan Hak Digital.

Jika Anda adalah Warga Negara Indonesia dan berdomisili di Indonesia. Kami mengundang Anda untuk mengikuti tantangan ini. Pendaftaran sudah dibuka dari 8 November dan akan di tutup pada 8 Desember 2021. Pemenang akan dinilai berdasarkan jumlah poin yang dikumpulkannya, bergantung pada jumlah artikel yang ditulisnya selama periode kompetisi. 15 peserta dengan poin tertinggi akan diumumkan pada tanggal 22 Desember 2021. Pemenang akan mendapatkan voucher uang elektronik. Lebih lanjut mengenai ketentuan umum serta panduan penulisan dapat dibaca dengan lebih lengkap di pranala berikut ini. Jangan ketinggalan!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please type in the numbers you see. *

Subscribe to the EngageMedia newsletter!

Twice a month, get updates on EngageMedia activities and opportunities.