×

Moviemento: Workshop video anak muda antikorupsi

Event details

When

March 24, 2013 05:00 PM to March 28, 2013 05:00 PM

Where


Balikpapan

Contact Name

Contact Phone

************

Attendees

Peserta Undangan adalah anak muda Balikpapan dengan range usia 15-30 tahun yang memiliki minat dalam story telling dan komunikasi/ film/ audio visual dan mampu berkomitmen untuk mengikuti 2 training pada jam kerja.
Kami memberikan tempat 40% kepada partisipan perempuan.

Add event to calendar

Video Training with Anti-Corruption Perspectives for Youth Communities

Latar Belakang.

Project ini bertujuan memberikan suara kepada anak muda untuk berbagi tentang isu-isu anti korupsi, dan juga untuk menguatkan kewarganegaraan dan kapasitas advokasi di organisasi partner TI Indonesia, terutama komunitas anak muda.

Engagemedia berkolaborasi dengan Transparency International Indonesia untuk mengembangkan pelatihan video advokasi, produksi dan outreach. Pelatihan ini akan melibatkan anak muda dari berbagai latar belakan dan basis komunitas di kota Balikpapan Kalimantan Timur.

Hasil utama dari pelatihan ini adalah 5 video pendek yang mengungkapkan cerita dalam pandangan anak muda mengenai gerakan antikorupsi dan memperdalam dampak dari gerakan-gerakan yang ada. Output yang lain adalah kampanye outreach yang berfokus pada video hasil produksi dan penambahan kemampuan komunitas untuk memproduksi video advokasi dan pemutaran secara mandiri.

Kegiatan:

  • Training selama 5 hari – 2 hari dimana partisipan belajar dan berlatih mengambil gambar, memperoleh ijin, interviews, dsb. Dua hari yang lain akan memperdalam pemahaman mengenai anti korupsi dan story telling. Hari terakhir akan digunakan untuk strategi outreach dan pelibatan masyarakat.

  • Para partisipan akan mengambil gambar cerita mereka diantara waktu-waktu training.

  • Mentor akan tinggal selama 10 hari untuk membantu mereka dalam produksi.

  • Editing final dari video akan dilakukan oleh editor profesional.

  • Co-host pemutaran peluncuran.

  • EngageMedia akan mempublish video-video hasil pelatihan ini di www.engagemedia.org.

  • Kampanye outreach yang bertarget pada komunitas, LSM, aktivis, media dan gerakan sosial yang bisa menggunakan video ini sebagai material pembelajaran dan advokasi.

Outputs:

  • Lima (atau lebih) video yang berdurasi 5-15 menit.

  • Footage wawancara yang diambil oleh partisipan untuk bisa digunakan oleh TI Indonesia untuk pembelajaran/advokasi. (Wawancara diambil dengan pernyataan persetujuan dari nara sumber)

  • Outreach yang terintegrasi dengan kerja-kerja TI Indonesia dan gerakan sosial yang berkaitan.

  • 200 Paket DVD dan digital booklet.

Issues to be covered

  • Pengenalan akan konsep anti korupsi.

  • Pengenalan dan penekanan pada gerakan antikorupsi di sektor pendidikan dan kesehatan

  • cerita0-cerita sukses tentang gerakan antikorupsi di Balikpapan

  • Mengintegrasikan perspektif diri pada nilai moral kejujuran dan integritas.

Training Outcomes

  • Para partisipan akan memperoleh pelatihan dasar dalam pembuatan film, termasuk didalamnya kemampuan mewawancarai, dan menggunakan berbagai kerja advokasi (kampanye ditempat kerja, kampanye nasional/internasional).

  • Para partisipan memperoleh kemampuan dasar dalam mengakses, sharing, dan online/multimedia distribusi.

Project Outcomes

  • Para partisipan mampu untuk memahami konsep anti korupsi dan mengimplementasi dalam kehidupan sehari-hari.

  • Peningkatan profil gerakan anti korupsi di Balikpapan.

  • Peningkatan pengetahuan akan peran video dan teknologi online sebagai alat kampanye di komunitas.

Participants

16 partisipan merupakan kumpulan 2 perwakilan pilihan dari tiap komunitas kreatif di Ballikpapan.

Kami akan memilih 2 orang dari tiap komunitas dengan harapan membantu keberlangsungan kemampuan organisasi dan memastikan partisipan mendapatkan dukungan agar mereka terus berlatih. Salah satu dari partisipan harus perempuan.

Jika salah satu komunitas ingin mengirimkan lebih dari 2 partisipan diharapkan dapat membatu proses pelatihan mengingat pengalaman khusus di komunitas yang berbeda untuk bekerja sma secara kooperatif.

Timing

Training Pertama

5 Days : 25 -29 Maret 2013

time : 0900 – 16.00 WITA

place: tbc

Follow up Training

Mentorship 10 hari : 09 – 19 April 2013

time : tentative.

Place: tbc

Peralatan

Para partisipan akan menggunakan perlengkapan dan peralatan rekam sendiri. EngageMedia akan meminjamkan beberapa kamera dan perlengkapan lain untuk membantu pelatihan.

Agenda

Day 1 : Introduction, Story telling Workshop, Anti Corruption Concept Development;

Day 2 : Story Reviews, Basic film making/production, storyboarding;

Day 3 : Footage Hunting;

Day 4 : Footage reviews;

Day 5 : Distribution and Outreach Workshop.

 

Profil Penyelenggara

Transparency International Indonesia (TI Indonesia) merupakan salah satu chapter Transparency International, sebuah jaringan global NGO antikorupsi yang mempromosikan transparansi dan akuntabilitas kepada lembaga-lembaga negara, partai politik, bisnis, dan masyarakat sipil. Bersama lebih dari 90 chapter lainnya, TI Indonesia berjugan membangun dunia yang bersih dari praktik dan dampak korupsi di seluruh dunia. TI Indonesia aktif terlibat dalam berbagai koalisi dan inistiatif gerakan antikorupsi di Indonesia. Sejak 2010, jaringan kerja TI Indonesia diperluas denagn advokasi bahaya korupsi kepada anak muda dengan ragam kegiatan seperti workshop kreatif, konser musik, edukasi politik anak muda, stand up comedy, workshop video, dan perluasan jaringan nasional dan global. Lebih jauh tentang TII buka http://ti.or.id

Kontak Person :

Retha Dungga ( 0818567425 ; email: rdungga@ti.or.id )

Lia Toriana ( email : ltoriana@ti.or.id )

EngageMedia (https://engagemedia.org) menggunaan teknologi video, internet dan ‘free and open source’ software untuk merangsang perubahan sosial dan lingkungan. EngageMedia percaya bahwa media independen dan teknologi gratis adalah dasar kuat untuk membangun pergerakan demi melawan ketidakadilan sosial, sekaligus menyediakan solusi serta pemikiran lebih jauh terhadap isu-isu tersebut. Tujuan EngageMedia adalah menyediakan akses terhdap cara baru penyebaran video, membuat arsip online untuk karya-karya video yang diproduksi secara independen dengan menggunakan lisensi terbuka dan membuat jaringan yang terdiri dari pembuat video, pendidik dan organisasi-organisasi yang programmnya berkaitan dengan screening video atau film independen. Hasil kerja terbaru membuat video bersama komuntias di Papua bisa dilihat di http://www.papuanvoices.net/

Kontak person :

Diah Sekarwidhi ( 08881074045 ; email: diah@engagemedia.org)

Yerry Niko Borang (081908308398 ; email : yerry@engagemedia.org)

Mitra Lokal Balikpapan

Sentra Program Pemberdayaan dan Kemitraan Lingkungan (STABIL) adalah lembaga swadaya masyarakat yang didirikan untuk memfasililtasi berbagai pihak dalam rangka membangun partisipasi dan kemitraan semua komponen ma syarakat dalam proses pembanganan dan peningkatan kualitas lingkungan, pelayanan publik, kekuatan sosial-ekonomi rakyat, serta sumber daya manusia. Bidang kerja advokasi dan kajian kebijakan publik, pengelolaan lingkungan sosial dan ekonomi.

Kontak Person:

Jufriansyah

Herry Soenaryo

Sekretariat:

Jalan Banjar RT 5 no 08 Kelurahan Gunung Sari Ilir, Kec.Balikpapan Tengah, Balikpapan, Kalimantan Timur

email : perstabil@telkom.net

More information about this event…

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please type in the numbers you see. *

Subscribe to the EngageMedia newsletter!

Twice a month, get updates on EngageMedia activities and opportunities.